Entri Populer

Jumat, 18 Maret 2011

Gempa Jepang berita


Gempa bumi dengan kekuatan 9,0 skala Richter di susul dengan Tsunami yang menghantam Jepang merupakan gempa terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah Jepang. Gempa tersebut mengguncang pesisir timur wilayah Tohoku, bagian utara ibu kota. Gempa yang terjadi pada Jumat 11 Maret tersebut menyebabkan belasan ribu orang tewas dan masih yang hilang.
Pemerintah Amerika Serikat menawarkan bantuan teknis untuk mendinginkan batang bahan bakar reactor nuklir yang rusak akibat gempa dan tsunami namun Pemerintah Jepang menolak tawaran Pemerintah Amerika Serikat tersebut .
Seorang pejabat senior di Partai Demokrasi Jepang yang tidak disebutkan namanya di harian Yomiuri Shimbun, Menyatakan pemerintah AS langsung menawarkan bantuan begitu bencana alam merontokkan PLTN Fukushima. Menurut penuturan pejabat tersebut, bantuan dari Pemerintah AS didasarkan pada pembongkaran reaktor bermasalah yang dikelola oleh Perusahaan Listrik Tokyo (Tepco).
Tetapi pemerintah Jepang berpikir masalah sistem pendingin reaktor dapat mereka selesaikan sendiri bersama tepco (PLTN Jepang)Mereka menolak tawaran bantuan tersebut karena mereka berpikir terlalu dini untuk menerima bantuan tersebut.
Para militer Jepang sudah mulai memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat gempa dan tsunami tersebut dengan menggunakan truk dan helikopter untuk menyiramkan air ke PLTN tersebut guna menurunkan suhu batang bahan bakar reaktor PLTN tersebut untuk menghindari radiasi nuklir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar