Entri Populer

Selasa, 22 Maret 2011

Buka Usaha Sebanyak-banyaknya


Memulai bisnis itu memang sulit bagi yang tidak mau merubah gaya hidupnya, modal suatu bisnis itu sebenarnya yang paling utama adalah pola pikir, jika dimulai dengan coba-coba atau dimulai dengan modal seadanya, tempat seadanya, atau dari nol. saya pikir dari memulai yang serba sederhana inilah yang akan memacu kita dan membuat kita semakin cerdas dalam berbisnis. Karena biasanya dalam proses bisnis ini akan memberikan pengalaman dan akan memberikan pengajaran kepada kita untuk berbisnis yang semakin hari makin bisa kita ketahui peluang yang ada untuk mencerdaskan kita dalam dunia usaha.Belajar dari peluang yang ada akan memberikan pengalaman bisnis setiap hari dan kebutuhan akan kemajuan bisnis kita, mulailah kita memberikan strategi usaha dengan manajemen sendiri walaupun itu masih sangat sederhana. Tetapi ini adalah suatu proses untuk kemajuan usahan kita. Dengan membagi-bagi tugas tertentu seperti tugas produksi, pemasaran dll. Yang tujuannya adalah untuk kemajuan usaha kita.
Tentu jika bisnis kita sudah memiliki sistem yang baik maka untuk tujuan yang kita inginkan pun akan cepat terealisasi, bisnis kita tentu akan cepat berkembang dan maju. Biasanya untuk membuka usaha yangke dua atau lebih akan lebih mudah berdasarkan pengalaman yang didapat dari bisnis pertama.
Dengan mempunyai sistem yang baik dalam bisnis kita maka aktifitas kita yang sebelumnya menyita waktu banyak dan sebagai pengusaha harus lebih leluasa waktuny. Banyaknya waktu luang itu, membuat kita sebagai pengusaha akan lebih fokus dalam menciptakan bisnis-bisnis baru. Menciptakan bisnis baru itu berarti kita telah menciptakan sumber penghasilan baru. Jika perusahaan kita memiliki sistem yang baik, maka manajer dan karyawan akan bekerja sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sehingga, banyak pekerjaan yang sudah terbagi habis oleh para professional di lingkungan bisnis kita. Dalam hal ini sebagai pengusaha tidak harus fokus karena justru yang harus fokus adalah orang-orang yang mengelola bisnis kita. Hanya mungkin, kita harus ikut fokus di awal berdirinya bisnis tersebut. Setelah bisnis kita kelihatan jalan, yah cari fokus yang lain.
Sebagai pebisnis yang bijaksana sebaiknya kita tidak hanya memiliki satu sumber penghasilan saja. Tetapi bagaimana, kita dapat menciptakan banyak sumber penghasilan. Ibarat kita punya telur sepuluh menetas Sembilan, itu lebih baik dari pada hanya mempunyai satu telur yang menetas. Dengan kita membuat bisnis yang ke-2, ke-3, dan seterusnya, kita berharap mendapatkan penghasilan yang ke-2, ke-3, dan seterusnya. Sehingga, dengan kita memiliki sumber penghasilan, maka kita sebagai pengusaha mempunyai peluang untuk memiliki kebebasan financial.
Semangat kita menciptakan bisnis ke-2, ke-3, dan seterusnya akan punya dampak sosial, yaitu menciptakan lapangan kerja, membagi-bagi keuntungan, dan lain-lain. Artinya, kita sebagai entrepreneur memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Silahkan mencoba!
Sumber www.purdiechandra.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar